Manfaat Pohon Asam, Buah, dan Khasiatnya

Ditulis oleh: -
Manfaat Pohon Asam, Buah, dan Khasiatnya - Pohon asam termasuk pohon yang besar dan rindang. Umurnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan tahun. Pohon asam mempunyai batang pohon yang kayunya keras sekali. Oleh sebab itu, telenan kayu yang terbuat dari pohon asam(apa lagi yang sudah tua) amat digemari orang, namun kini sudah langka sekali.



Buah asam yang telah dikupas dan diambil bijinya sering disebut asam jawa. Buah asam yang masih muda disebut cempaluk, warnanya cokelat muda kehijau-hijauan. Apabila telah masak warna daging buahnya cokelat, rasanya asam agak manis, lebih enak lagi kalau daging buahnya asam ini dibalut dengan gula pasir kemudian dimakan, rasanya lezat sekali. Selain baik untuk kesehatan mulut, gusi dan gigi, makanan ini dapat mencegah sariawan, pilek serta menurunkan panas karena buah asam banyak mengandung Vitamin C.

Buah asam yang sangat tua apabila telah dikupas dan diambil bijinya disebut juga asam kawak, warnanya cokelat kehitam-hitaman. Baik buah asam yang sudah masak maupun yang tua sekali selain dipakai sebagai bumbu masak juga merupakan bahan obat-obatan tradisional yang ampuh, begitu juga daunnya yang masih muda.

Daun asam yang masih muda sekali dapat dimakan begitu saja bersama tangkainya dan rasanya agak asam sehingga menyegarkan badan.

Buah asam diberi gula dan ditambah air panas segelas kemudian diaduk merupakan minuman lezat yang berguna menurunkan panas tubuh. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sumber
Manfaat Pohon Asam, Buah, dan Khasiatnya
Manfaat Pohon Asam, Buah, dan Khasiatnya ditulis Oleh Sekedar Wawasan pada 2012-09-10T15:34:00+07:00 dengan rating 4 oleh 95 voters on Sekedar Wawasan.

0 comments "Manfaat Pohon Asam, Buah, dan Khasiatnya", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan bijak, tidak mengandung unsur Spam, Sara, Pelecehan.

Komentar yang melanggar ketentuan akan dihapus! Sekian Terima Kasih.