Biar Udang Tidak Bengkok Saat Digoreng

Ditulis oleh: -
JAKARTA - Ketika kita menggoreng udang, baik diberi tepung luarnya atau tidak, seringkali udang membengkok ketika dimasak. Chef dari Restoran sakura, Koesriani Firdaus, punya trik jitu untuk membuatnya tetap lurus.
Cara agar membuat udang tetap lurus, memang agak sedikit ribet, dan memakan waktu yang lebih lama. Namun, itulah cara satu-satunya membuat udang tetep lurus. “Ini caranya memang khusus,” tuturnya pada Republika, Senin (21/11).

Pertama-tama, setelah udang dikupas, pada bagian perutnya dikerat menggunakan pisau. “Beri guratan pendek-pendek namun banyak di sana,” ujar chef Koes.

Setelah itu, udang di taruh di talenan, kemudian dipijat pelan-pelan. “Seperti di-massage,” tuturnya.

Dalam pemijatan ini, tangan kita seperti menarik udang agar menjadi lebih panjang. “Panjangnya bisa bertambah dua hingga lima cm,” tuturnya.

Pemijatan hingga udang bertambah panjang ini, menurutnya bertujuan untuk mematahkan urat-urat yang ada dalam udang. “Kalau uratnya sudah putus, nggak akan bengkok lagi saat digoreng,” tuturnya.

Sumber
Biar Udang Tidak Bengkok Saat Digoreng
Biar Udang Tidak Bengkok Saat Digoreng ditulis Oleh Sekedar Wawasan pada 2011-11-27T20:53:00+07:00 dengan rating 4 oleh 95 voters on Sekedar Wawasan.

0 comments "Biar Udang Tidak Bengkok Saat Digoreng", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan bijak, tidak mengandung unsur Spam, Sara, Pelecehan.

Komentar yang melanggar ketentuan akan dihapus! Sekian Terima Kasih.