Ini Dia Pramugari Pertama di Dunia

Ditulis oleh: -
Pramugari Pertama di Dunia - Halo sobat Blog Berita Wawasan Nusantara terbaru, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang siapa Pramugari Pertama di Dunia. Yups mendengar istilah pramugari biasanya adalah seorang wanita yang biasanya cantik dan menarik. 

Mengapa seorang pramugari harus cantik dan menarik? Karena memang dipilih oleh maskapai penerbangan untuk menjual layanan mereka dan membuat penumpang lebih nyaman dalam pesawat, kalau melihat yang jelek dalam pesawat di atas ketinggian apa lagi penerbangan penuh resiko, bisa membuat panik bukan?

Pramugari Pertama di Dunia

Daialah Ellen Church (1904 -1965), Pramugari Pertama di Dunia Sejak Wright Bersaudara menorehkan sejarah "12 detik yang mengubah dunia" pada 17 Desember 1903 dengan menerbangkan pesawat terbang bermesin pertama, dunia penerbangan mulai menggeliat.

Awalnya, sampai dengan akhir Perang Dunia I, pesawat tempurlah yang mulai berkembang. Setelah itu, pada dekade 1920-an, pesawat terbang sipil mulai berkembang, di antaranya dipelopori oleh William Boeing yang mendirikan industri pesawat terbang Boeing di Seattle, Amerika Serikat pada 1916, dan Anthony Fokker (orang Belanda kelahiran Madiun, Indonesia) yang mendirikan industri pesawat terbang Fokker di Belanda pada tahun 1919.

Akan tetapi, sepanjang dasawarsa 1920-an tersebut penerbangan komersil berkembang dengan lambat meskipun perlahan-lahan mulai populer sebagai sarana transportasi. Salah satu alasan mengapa transportasi udara kurang populer, adalah kenyataan bahwa orang merasa transportasi udara masih merupakan moda transportasi yang berbahaya.

Untuk dapat mengalihkan penumpang kereta api menjadi penumpang pesawat terbang, tentunya maskapai penerbangan harus dapat meyakinkan bahwa transportasi udara adalah moda transportasi yang aman. Salah seorang yang berjasa mengubah citra transportasi udara adalah Ellen Church.

Dilahirkan di Cresco, Iowa, Amerika Serikat pada 22 September 1904, Ellen Churchadalah seorang perawat (registered nurse) yang karena ketertarikannya yang tinggi terhadap dunia penerbangan, juga menjadi seorang penerbang (pilot).

Sebenarnya, ketika Church melamar bekerja di Boeing Air Transport (BAT) yang kemudian menjadi United Airlines awalnya dia melamar sebagai pilot. Akan tetapi, alih-alih mengontrak Church sebagai pilot, Steve Stimpson, seorang pejabat BAT, justru melihat hal yang lebih menjanjikan dari ide Ellen Church yang lain, yaitu menempatkan perawat sebagai pramugari (stewardess/flight attendant) di dalam pesawat terbang, yang bertugas untuk menenangkan penumpang yang takut terbang.

Meramalkan publisitas yang hebat yang akan terjadi dengan menempatkan perawat sebagai pramugari, Stimpson menjual ide tersebut kepada atasannya.

Nah itulah Pramugari pertama di Dunia. Semoga bermamfaat untuk menambah wawasan sobat semua. Terima kasih
Ini Dia Pramugari Pertama di Dunia
Ini Dia Pramugari Pertama di Dunia ditulis Oleh Sekedar Wawasan pada 2012-11-12T16:18:00+07:00 dengan rating 4 oleh 95 voters on Sekedar Wawasan.