Kezuhudan Nabi Muhammad SAW

Ditulis oleh: -
Kezuhudan Nabi Muhammad SAW - Zuhudnya Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam adalah zuhudnya orang yang tahu akan fananya dunia, tidak abadinya dunia, tidak berharganya dunia, pendeknya umur dunia, dan kekalnya akhirat serta apa-apa yang telah disediakan Allah Ta'ala, yang didalamnya beragam kenikmatan yang tetap nan kekal.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menolak mengambil dunia, kecuali untuk sekadar mencukupi kebutuhan hidup, walaupun beliau tahu bahwa dunia diciptakan untuknya, dihiasi untuknya, dan diperuntukkan untuknya.Jika saja beliau menginginkan sebuah gunung du dunia menjadi emas dan perak, maka itu akan terjadi.namun, beliau memilih zuhud dan sederhana.

kezuhudan Rasulullah, mengenal kezuhudan Rasulullah,zuhud, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam

Seringkali beliau tinggal dalam keadaan lapar, dalam waktu satu bulan tidak memasak, dan melewati hari-harinya dalam kelaparan tanpa menemukan sebuah kurma jelek pun untuk menghilangkan rasa laparnya.Beliau tidak pernah kenyang dengan roti gandum selama tiga malam berturut-turut, dan beliau tidur di atas tikar sehingga membekas di pipinya.Beliau mengganjalkan batu diatas perutnya untuk menahan lapar, dan sering kali para sahabatnya mengetahui tanda lapar di wajah beliau.

Rumah Rasulullah berlantai tanah di pinggiran kota dan beratap rendah.Beliau pernah menggadaikan baju perangnya dengan tiga puluh takaran gandum kepada orang yahudi.Seringkali beliau memakai kain dan selendang saja.beliau tidak pernah makan di atas meja makan sama sekali.Seringkali para sahabatnya mengirimi makanan kepada beliau ketika mereka tahu Rasulullah membutuhkannya.

Semua hal itu adalah merupakan kemuliaan bagi dirinya dari kekotoran dunia, dan mendidik jiwanya dalam menjaga agamanya, agar pahala menjadi tetap sempurna di sini Allah Taa'ala, serta agar janji Allah nyata bagi beliau

    "Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu menjadi puas."
    ( QS. ad-Dhuha [93]: 5 )


Beliau membagikan harta kepada orang-orang kemudian beliau tidak mengambil satu dirham pun dari harta tersebut.Beluai membagikan unta, sapi, dan kambing kepada para sahabatnya, para pengikut, dan muallaf, dan beliau pun tidak membawa seekor unta, sapi, atau kambing pun.
Bahkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

    " Jika aku mempunyai pohon yang berlimpah dengan uang, maka aku akan membagikannya sehingga kalian tidak akan mendapatiku seorang yang bakhil. bohong, dan lemah hati."
    ( HR Malik, Thabarani )


Demikian tadi saudaraku mengenai Kezuhudan Rasulullah.Semoga Berguna dan bermanfaat saudaraku.. 

Sumber: abufarras.blogspot.com
Kezuhudan Nabi Muhammad SAW
Kezuhudan Nabi Muhammad SAW ditulis Oleh Sekedar Wawasan pada 2012-02-21T16:45:00+07:00 dengan rating 4 oleh 95 voters on Sekedar Wawasan.

0 comments "Kezuhudan Nabi Muhammad SAW", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan bijak, tidak mengandung unsur Spam, Sara, Pelecehan.

Komentar yang melanggar ketentuan akan dihapus! Sekian Terima Kasih.