Kelereng : PermainanTradisional yang hampir Terlupakan

Kelereng : PermainanTradisional yang hampir Terlupakan, Masa kecil (anak-anak) adalah masa yang membahagiakan, mungkin sebagian besar orang setuju akan hal itu. Karena sebagai anak-anak, memang belum berfikir mengenai bagaimana
memenuhi kebutuhan hidup, yang mereka tahu hanya makan enak dan bermain, wajarlah karena mereka memang masih menjadi tanggung jawab orangtua.

Bicara mengenai permainan masa kecil, salah satu permainan anak-anak tradisional yang dulu cukup populer adalah kelereng atau gundu (neker : jawa), yakni mainan berbentuk bola kecil yang terbuat dari sejenis kaca. Cara mainnya pun cukup sederhana tetapi ada bermacam-macam jenis, ada yang mengeluarkan lawan dari lingkaran, ada juga yang memasukkan kelereng kedalam lubang kecil (keduanya dibuat diatas tanah), mungkin juga ada cara bermain yang lain dengan media kelereng ini, tergatung daerah masing-masing.

Seiring berjalannya waktu, permainan kelereng ini mungkin tak begitu digemari lagi oleh anak-anak jaman sekarang, mereka lebih tertarik dengan permainan virtual semacam video game (playstation, ipad) ataupun game-online (internet) yang memang lebih canggih dan penuh interaksi, namun tak ada salahnya agar tidak 'terlupakan', kita memperkenalkan lagi permainan ini, salah satunya bisa dengan cara mengajak anak-anak kita bermain bersama dengan kelereng, dengan catatan : asal jangan bermain ke-lereng gunung berapi (he..he..he).

Kelereng : PermainanTradisional yang hampir Terlupakan
Kelereng : PermainanTradisional yang hampir Terlupakan ditulis Oleh Sekedar Wawasan pada 2011-12-06T15:21:00+07:00 dengan rating 4 oleh 95 voters on Sekedar Wawasan.

0 comments "Kelereng : PermainanTradisional yang hampir Terlupakan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan bijak, tidak mengandung unsur Spam, Sara, Pelecehan.

Komentar yang melanggar ketentuan akan dihapus! Sekian Terima Kasih.